Nurul Falah

BERSEDEKAH DI BULAN SUCI RAMADHAN


sebulan yang lalu


bersedekah-di-bulan-suci-ramadhan

Sedekah di bulan Ramadhan menjadi perbuatan baik yang disukai oleh Allah SWT. Mereka yang menyisihkan hartanya untuk orang membutuhkan akan mendapatkan banyak hal baik. Tentunya setiap kaum muslim menginginkan berkah baik saat bulan puasa.

Sedekah di bulan Ramadhan merupakan anjuran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sehingga bukan berpuasa saja. Dalam bulan suci yang penuh ampunan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik seperti sedekah.

Ada banyak keutamaan sedekah yang bisa kita peroleh saat bulan Ramadhan, berikut di antaranya:

1.    Harta Menjadi Berkah 
Dengan bersedekah, harta bisa menjadi berkah. Hal ini sudah tercantum dalam Al-Qur’an surat Saba ayat 39 yang artinya Allah akan mengganti rezeki atas harta yang telah dinafkahkan, namun orang-orang masih ragu untuk membagikan sebagian hartanya.

2.    Menghapus Dosa 
Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan berikutnya ialah menghapus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam HR. At-Tirmidzi bahwa sedekah itu bisa menghapus dosa seperti air memadamkan api. Untuk manusia yang ikhlas berbagi kepada sesama maka ia akan mendapat yang terbaik dan diampuni dosanya.

3.    Mencegah Perbuatan Maksiat 
Manusia tidak bisa terlepas dari kegiatan jual beli. Dalam ruang lingkup perdagangan di tengah masyarakat, perbuatan maksiat masih rentan terjadi. Karena itu, sedekah jadi salah satu cara mencegah perbuatan maksiat.

4.    Pahala Akan Berkembang 
Keutamaan lain dari sedekah di bulan Ramadhan ialah mendapatkan pahala berlipat ganda. Hal ini sudah tercantum dalam surat Al-Hadid ayat 18.

5.    Investasi di Akhirat Sedekah 
Sedekah juga bisa menjadi investasi di akhirat. Dalam hal ini, memberi infak kepada orang yang membutuhkan bisa menjadi amal baik bagi kita semua. Pada saat akhirnya tiba, amal kebaikanlah yang bisa menyelamatkan kaum muslim dari siksa api neraka.

6.    Menenangkan Hati Sedekah 
Sedekah di bulan Ramadhan juga bisa membuat hati lebih tenang. Mereka yang tidak membagi sebagian hartanya akan mendapat penyesalan. Dalam surat Al-Munafiqun ayat 10 dibahas bahwa infakkanlah sebagian harta yang Allah berikan sebelum kematian dan menyesal.

7.    Membuka Pintu Kebaikan
Membuka pintu kebaikan merupakan keutamaan sedekah Ramadhan yang membuahkan banyak hal baik. Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah mencintai kedermawanan dan akhlak mulia. Allah juga membenci sesuatu hal buruk.