SEKILAS PESANTREN AL QURAN NURUL FALAH

Gagasan awal mendirikan Pesantren Al Quran Nurul Falah adalah inisiatif para aktivis pemuda remaja masjid yang tergerak hatinya karena melihat masih rendahnya pola pengajaran Al Quran dibandingkan dengan pendidikan ilmu-ilmu yang lain. Sehingga tampak belajar Al Quran menjadi kurang menarik bagi generasi muslim. Hal ini  juga disebabkan perhatian masyarakat atau orang tua yang masih rendah terhadap pentingnya belajar Al Quran. Sehingga belajar Al Quran dinomorduakan dari ilmu qouniyah atau ilmu dunia semata.

Bagaimana kualitas sumber daya manusia akan meningkat jika kondisi ini dibiarkan terus berlangsung ?

Beranjak pada persoalan diatas, Pesantren Al Quran Nurul Falah memfokuskan diri untuk membenahi persoalan tersebut disertai keyakinan bahwa dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya Al Quran maka akan meningkat pula derajat dan harkat hidup umat Islam.

Untuk kelancaran kegiatan tersebut Pesantren Al Quran Nurul Falah membentuk divisi ZIS (Zakat Infaq dan Shodaqoh) yang bertugas secara khusus menggali potensi dana ummat yang akan disalurkan untuk peningkatan kualitas sumber daya ustadz-ah, guru Al Quran.