Enter your keyword

post

Excellent Tahsin Al-Qur’an

Excellent Tahsin Al-Qur’an

Nurulfalah.org- Ratusan pecinta Al-Qur’an menyimak dengan seksama tujuh macam lagu dalam seni membaca Alquran yang disampaikan oleh Ustadz H. M. Zaenul Arifin, S.Ag melalui virtual zoom meeting dan channel yuotube pesantren Al Qur’an Nurul Falah Surabaya dalam topik Webinar Excellent Tahsin Al Qur’an Panduan 7 Lagu Tartil, Ahad 20/12/2020

Lagu al-Quran adalah alunan intonasi atau membaca yang disuarakan dalam keindahan raga nada, variasi serta ipmrovisasi selaras dengan pesan-pesan yang diungkapkan oleh ayat-ayat yang dibaca sesuai kaidah-kaidah tartil yang tertuang dalam disiplin ilmu tajwid serta makhrojul huruf yang benar.

Lagu-lagu al-Quran semakin berkembang dan terus berjalan selain sebagai cara ibadah dan juga da’wah dan syi’ar. Dengan lantunan keindahan bacaan Al-qur’an yang dilantunkan akan mampu menggetarkan kerasnya hati siapapun yang mendengarkannya.

Tausyih dalam pembelajaran tilawah hanyalah sebatas acuan acoustics (pengetahuan penyuaraan) dari lagu-lagu arabi, bukan batasan-batasan nada variasi maupun improvisasi yang mengikat seperti nada-nada tinggi, sedang dan rendah yang relative panjang dalam kalimat-kalimat pada bait-bait syair juga tetap toleransi pada saat diterapkan pada ayat-ayat al-Quran sesuai kebutuhan yang dituntut oleh pembaca terutama dalam konteks lirik-lirik lagu untuk suatu ayat.

Setiap maqam, mulai dari awal maqam variasi-variasinya sampai nada jawabul jawab dikemas melalui bait-bait syair/tausyih yang ada pada tausyih yang dijadikan sebagai patokan dasar dan rambu-rambu yang memberikan gambaran tentang apa, bagaimana dan betapa variasi maqom yang di lantunkan.

Adapun 7 Maqom Tilawah Seni Baca al-Quran.
Lagu-lagu tersebut dikemas dalam sejumlah Tausyih untuk mempermudah dalam mempelajarinya, macam-macam lagu tersebut terbagi menjadi 7 macam lagu yaitu: Bayyati , Shoba, Nahawand, Hijaz , Rost , Sika dan Jiharka yang kesemua itu bisa di aplikasikan pada santri maupun muadzin ketika adzan.

“Yang selama ini sudah dipraktekkan pada Tilawati adalah lagu rost namun tidak menutup kemungkinan lagu-lagu lainnya bisa diajarkan untuk menambah khasanah keilmuan para santri dalam memperindah bacaan Al-Qur’an dan semua bisa dipelajari dalam buku yang sudah diterbitkan oleh pesantren Alquran Nurul Falah Surabaya”. Pungkas Ustadz H. M. Zaenul Arifin, S.Ag (Nf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.