Enter your keyword

post

Ajari Anakmu Sesuai Zamannya

Ajari Anakmu Sesuai Zamannya

Nurulfalah.org – Ustadz KH. DR. Umar Jaeni, M.Pd selaku direktur eksekutif pesantren Alqur’an Nurul Falah Surabaya berkenan membuka webinar IEC dengan tema delapan strategi meningkatkan partisipasi kelas virtual, Sabtu 13/3/2021

Webinar yang diikuti empat puluh peserta utusan lembaga dari SD Al Hikmah, SD Raudlatul Jannah, SDIT Al Muzzammil, SDIT Ghilmani, SDIT Darul Maza, MA Permata, SMPN 2 Sulsel, SD Al Mizan, MI Bahrul Ulum dan lain-lain ini dari Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya KH . DR .Umar Jaeni , M.Pd menyatakan “cara-cara mengajar kita seperti guru nya dulu , padahal Islam khususnya sahabat Ali sudah menyampaikan ribuan tahun silam “ajari anakmu sesuai dengan masanya sesuai dengan fasenya anak-anak itu nanti akan menghadapi masa tantangan yang sangat berbeda dengan apa yang ada ada sekarang ini” tuturnya.

Cara yang harus kita lakukan dalam mendidik mereka harus selalu berubah dengan selalu melakukan inovasi sebab anak-anak nantinya akan menghadapi situasi yang sangat berbeda dengan situasi yang kita hadapi sekarang ini, dalam artian cara-cara mengajar kita sudah tidak boleh lagi menduplikasi begitu saja dari guru-guru kita yang lalu.

Webinar IEC Nurul Falah

“Sekarang ini, kita harus melakukan perubahan-perubahan apalagi dengan berkembangnya teknologi , apalagi adanya pandemi maka para guru-guru harus berubah perilakunya, merubah kebiasaannya, merubah cara caranya agar supaya bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang ada, seperti yang dilakukan oleh IEC”, lanjut Kyai Umar.

Saatnya para guru melakukan perubahan-perubahan untuk menghadapi situasi dengan ikhtiar bagaimana mencari cara-cara mengajar yang baik dengan metode-metode yang baik dan juga melalui pendekatan- pendekatan yang baik pula.”masih ada satu lagi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu dalam diri kita ada amanah, bagaimana agar anak-anak kita otaknya cerdas dan pintar sekaligus juga punya kepribadian yang baik punya akhlak yang baik, jadi tugas para guru-guru di samping selalu melakukan improvisasi bagaimana agar apa yang kita ajarkan itu bisa diterima dengan baik efektif dan efisien tapi ada tugas lagi yaitu harus bisa menjadi contoh kepada anak-anaknya kepada para santrinya atau muridnya dengan contoh yang baik sebagai figur yang baik”. Lanjut Kyai Umar.

Seyogyanya guru bisa memadukan dua hal yaitu senantiasa belajar bagaimana agar apa yang disampaikan itu bisa diterima dengan baik dengan cara pembelajaran tadi itu tapi yang kedua mereka ini juga tidak lepas dari mendekatkan dirinya kepada Allah subhanahu wa ta’ala khususnya para guru atau para ulama.

“Luas cara penyampaiannya nyaman enak bisa didengarkan diterima dengan baik, senantiasa mengembangkan kemampuannya dan jangan lupa doanya, jangan lupa salat malamnya, jangan lupa puasa sunnah nya agar supaya ilmu-ilmu yang kita sampaikan itu mudah diterima oleh anak-anak kita , teknologi pembelajaran kita kejar tetapi hatinya juga harus kita perbaiki. Pungkas Kyai Umar(NF)

Leave a Reply

Your email address will not be published.