Enter your keyword

post

Anak Zaman Now Itu Ngaji Al-Qur’an Bukan Main Gadget Melulu

Anak zaman now merupakan generasi Z yang terkenal sebagai Igeneration atau internet generation yang mana sejak lahir mereka telah dikenalkan oleh teknologi dan sangat akrab dengan gadget dan smartphone. Menjadi positif jika pantauan dari orang tua terus membersamai, menjadi sangat bahaya jika orang tua mengabaikan dan lalai akan anak-anak mereka.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era modern ini berpengaruh pada perubahan budaya masyarakat luas, khususnya pada generasi Z ini. Dengan sangat mudah mereka mendapatkan segala apa yang mereka ingin tahu dan miliki. Bahkan gadget bagi mereka sudah menjadi layaknya kekasih yang sangat penting hingga tidak terpisahkan dan tidak terlupakan.

Negatifnya, ketika asyik dengan gadget di tangan mereka, yang menjadi kepentingan dan kewajiban yang harus mereka penuhi semua terlupakan bahkan tidak sedikit yang melakukan atraksi hebat untuk mendapatkan dan terus bermain gadget missal, tak berhenti menangis.

Sebagai orang tua yang soleh-sholehah yang bertanggung jawab dan panutan bagi anak-anak kita, ayo kita awasi anak-anak dengan pengawasan yang baik dan benar, ajarkan pembagian waktu kapan harus belajar, mengaji dan juga bermain. Alangkah indahnya kita memantau anak-anak kita ketika bermain gadget untuk mengakses hal-hal positif yang mengandung unsur motivasi anak sholeh-sholehah, utamakan tontonan dan aplikasi mengaji Al-Qur’an supaya kelak menjadi ahli Qur’an yang bisa menuntun kedua orang tuanya menuju Jannah-nya.

خيركم من تعلم القرآن و علمه (رواه البخاري)

Artinya : Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya (HR. Bukhori)

Semakin dahsyat manfaat dan keajaiban jika kita sebagai orang tua secara langsung mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya, selain supaya kita mengulang dan memperkuat ilmu Al-Qur’an yang kita miliki, anak-anak juga termotivasi menjadi ahli Al-Qur’an seperti yang orang tuanya contohkan. Bukan hanya untuk pendidikan, hal ini juga akan menjadi amal jariyah kelak karena lafadz-lafadz Qur’an ini akan terus dan sering dilantunkan oleh mereka anak-anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.