Enter your keyword

post

Ayo Berdamai Dengan Diri Sendiri Sendiri

Ayo Berdamai Dengan Diri Sendiri Sendiri

Hidup orang beriman itu penuh dengan kebaikan, termasuk saat dia bergaul dengan sesamanya. Dia akan berusaha menjaga diri agar kehadiran dirinya tidak sampai merugikan orang lain.

Maka, berbuat baik kepada sesama tidak selalu harus memberi. Berbuat baik pun bisa dengan menahan diri. Itulah mengapa, jika kita belum bisa membantu orang lain, berusahalah untuk tidak menyusahkannya.

Jika belum bisa menggembirakan orang lain, berusahalah untuk tidak membuat sedih. Jika belum bisa mengapresiasi kelebihan atau kebaikan orang lain, berusahalah untuk tidak mencela dan mencari-cari kesalahannya.

Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang tak luput dari salah. Karenanya, sangat mengherankan jika seorang manusia tidak pernah mau mengakui akan kesalahannya.

Lantas, jika seseorang telah menyadari akan kesalahannya, akankah terus berada dalam suasana itu? Tentu jawabnya tidak!

Menemukan kesalahan bukan berarti harus berhenti untuk berbuat kebaikan atau juga bukan malah tetap pada kesalahan, melainkan terus berusaha meninggalkan keburukan dan merubahnya dengan kebaikan.

Banyak hal-hal kebaikan yang sangat mudah untuk dikerjakan, salah satunya adalah dengan mengenal kitab suci agama Islam secara baik dan benar.

Dan semua itu akan dapat ditemukan dengan cara membacanya, memahaminya serta mengamalkannya. Marilah terus kita baca dan baca apa yang ada didalam Al-Qur’an.

Membaca ayat demi ayat, kemudian diiringi dengan terjemahan demi terjemahan, dan seterusnya tafsir demi tafsirnya. Sehingga apa yang kita baca, bisa kita faham, dan akhirnya akan mampu untuk mengamalkannya. InsyaAllah.

Ayo terus bersemangat bertilawah disetiap waktu yang kita miliki sebagai bagian berdamai dengan diri sendiri tuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.