Enter your keyword

post

Gerakan Yatim Pintar di SD Anugrah Surabaya

Gerakan Yatim Pintar di SD Anugrah Surabaya

Nurulfalah.org – Ada yang menarik pada Kamis pagi, 7 Oktober 2021. Relawan LAZIS Nurul Falah melaksanakan program pentasyarufan Gerakan Yatim Pintar (Gentar) bersama anak yatim SD Anugrah, Simo Pomahan, Surabaya. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan serta pengetahuan umum dalam diri anak yatim dengan metode belajar sambil bermain.

Sejatinya, SD Anugrah Surabaya kurang memadai untuk menampung banyak anak yang berkegiatan di satu tempat. Hal ini disebabkan kondisi pandemi yang masih berlanjut. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Syafi’i, Kepala SD Anugrah Surabaya, memberikan respons positif terhadap acara Gentar. Dia mengapresiasi anak-anak muda yang memperhatikan perkembangan belajar anak yatim, khususnya di SD Anugrah Surabaya.

“Saya sangat senang dan bersyukur kepada teman-teman dari LAZIS Nurul Falah yang telah peduli kepada anak-anak yatim kurang beruntung di sini. Dengan adanya edukasi pengetahuan ini, saya harap ilmu yang akan disampaikan teman-teman LAZIS Nurul Falah dapat bermanfaat bagi anak-anak di sini,” ujarnya.

Ada 25 anak yatim yang mengikuti program Gentar tersebut. Mereka berasal dari kelas 1 hingga kelas 6. Materi yang disampaikan terkait dasar-dasar literasi keuangan yang diisi oleh relawan LAZIS Nurul Falah yang berkuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Setelah pemberian materi, anak-anak diajak bermain kuis berhadiah untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan relawan. Suara anak yatim serentak kencang menanti acara kuis dimulai. Sistem kuis ini dilakukan secara acak dan rebutan.

“Wow! Banyak banget hadiahnya, Kak. Makasih ya. Lain kali adain lagi Kak acara di sini, tapi hadiahnya tambah banyak ya,” ujar Aisyah, salah satu anak yatim.

Zakki, relawan LAZIS Nurul Falah, berharap dengan adanya acara Gentar ini, anak-anak yatim dapat merasakan kebahagiaan lebih dan mendapat hal yang sama dengan anak-anak yang masih memiliki orang tua yang lengkap.

“Kebaikan-kebaikan seperti ini jangan sampai berhenti oleh kami relawan LAZIS Nurul Falah yang singkat. Perlu ada program lebih lanjut yang serupa untuk mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi orang yang kurang mampu,” tutur Zakki.

Di akhir acara, LAZIS Nurul Falah membagikan bingkisan yang berupa alat tulis dan snack untuk seluruh peserta serta ditutup dengan doa bersama. Dengan acara pentasyarufan Gentar, Icha selaku manajer program LAZIS Nurul Falah mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu terselenggaranya program Gentar.

“Teruntuk relawan LAZIS Nurul Falah dan seluruh guru serta murid SD Anugrah, semoga dalam keadaan sehat. Semoga pandemi ini tidak menyurutkan semangat kita untuk selalu berbuat baik kepada anak yatim. Karena sejatinya yang paling mulia ialah yang menyayangi dan menyantuni anak yatim,” tuturnya. (lazisnf/eko)

Leave a Reply

Your email address will not be published.