Enter your keyword

post

Gigi Tumbuh pada Bayi

Gigi Tumbuh pada Bayi

Oleh: drg. Dwi Wahyu Indrawati, Sp.Perio, M.Kes

Tanya:
Assalamualaikum wr wb.
Dokter, saya Ibu Susi. Satu bulan yang lalu, saya melahirkan anak kedua. Sehari setelah kelahiran anak saya, tumbuh gigi. Ini terasa saat saya menyusuinya. Sempat saya bawa ke dokter anak, katanya tidak apa apa. Namun, saya disarankan datang ke dokter spesialis gigi anak. Saat minum, bayi saya sering menangis. Ternyata, gigi yang tumbuh sebelah bawah keadaannya goyang. Saya jadi kesulitan untuk memberi ASI. Saya mohon saran apa yang bisa kami lakukan. Atas saran dan petunjuk dokter. kami sampaikan terima kasih.

Ibu Susi – Surabaya

Jawab:
Wa’alaikumsalam wr wb. Ibu Susi yang dirahmati Allah, sebelumnya kami ucapkan selamat atas kelahiran putra keduanya. Semoga menjadi anak yang saleh. Amin.

Gigi tumbuh pada bayi yang baru lahir di kedokteran gigi dinamakan neo natal teeth. Biasanya gigi neo natal teeth tumbuh hanya pada permukaan gigi sehingga keadaannya goyang. Kalau pada saat bayi menyusu dan ada keluhan sakit yang ditandai dengan menangis, keadaan ini harus segera dicarikan solusinya.

Saya sarankan datang ke pedodonsia (dokter spesialis gigi anak) agar dilakukan pencabutan. Apabila tidak ada keluhan sakit, neo natal teeth biasanya akan lepas dengan sendirinya. Wasalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.