Enter your keyword

post

Kepala Pusing saat Sakit Gigi

Kepala Pusing saat Sakit Gigi

Oleh: drg. Dwi Wahyu Indrawati, Sp.Perio, M.Kes.

Tanya:
Assalamualaikum wr wb.
Dokter, saya seorang mahasiswa usia 22 tahun. Mengapa setiap kali sakit gigi, kepala saya pusing? Terima kasih atas penjelasannya.

Tony – Surabaya

Jawab:

Walaikumsalam wr wb.

Mas Tony, ada sederet bait lagu dari salah satu lagu dangdut yang paling terkenal di Indonesia. Liriknya bercerita tentang sakitnya rasa sakit gigi. Ya, lirik pada lagu dangdut ini sama sekali tidak berbohong. Sakit gigi memang sangat menyakitkan dan bisa membuat penderitanya frustrasi.

Bagaimana tidak, meskipun berasal dari gigi, rasa nyeri ini bisa membuat seseorang kehilangan selera makan atau bahkan merasakan pusing luar biasa. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana bisa sakit gigi juga bisa menyebabkan pusing?

Banyak orang yang mengaku, jika begitu sakit gigi menyerang, kepalanya akan terasa sangat nyeri yang bahkan membuatnya kesulitan untuk membuka mata. Seringkali rasa sakit pada gigi ini berasal dari masalah gigi berlubang. Yang menarik, masalah gigi berlubang ini seringkali berimbas pada saraf-saraf yang ada pada sekitar gigi. Dengan saraf-saraf yang ikut terkena masalah gigi berlubang ini, kita pun akan cenderung lebih mudah terkena pusing atau bahkan migrain.

Pusing juga bisa disebabkan oleh bagian ujung pada akar gigi yang sudah terkena infeksi. Infeksi ini sendiri bisa disebabkan oleh banyaknya bakteri yang berkembang biak pada gigi akibat kita tidak membersihkan gigi dengan maksimal. Padahal, bagian akar gigi ini cukup dekat dengan saraf. Jika bakteri sudah mencapai saraf-saraf kepala ini, tentu kita akan segera merasa pusing.

Beberapa orang berujar, jika asalkan kita mengonsumsi obat sakit kepala, masalah pusing karena sakit gigi ini bisa ditangani. Tindakan ini hanya sebagai upaya menghilangkan simpton atau gejala saja. Cara mengatasi masalah tersebut adalah merawat gigi yang bermasalah dengan beberapa tindakan yang bisa dilakukan sesuai kasusnya. Misalnya, dilakukan perawatan endodonsia bila ada infeksi pulpa, memberi antibiotik yang sesuai bila ada infeksi pada gigi dan tulang, dan mencabut gigi bila gigi sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi agar bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat agar rasa sakit pada gigi dan pusing-pusing tidak lagi muncul.

Demikian penjelasan pengasuh. Semoga dapat memberikan manfaat bagi yang membaca pada umumnya dan Mas Tony secara khusus agar segera mendapatkan penanganan terhadap masalah giginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.