Enter your keyword

post

Kisah Tamu Misterius

Kisah Tamu Misterius

Kisah ini terjadi pada masa Nabi Luth. Nabi Luth adalah keponakan Nabi Ibrahim. Beliau diutus Allah kepada kaum Sodom.

Suatu hari, Ketika putri-putri Nabi Luth sedang menimba air di sumur, datanglah tiga orang pemuda. Mereka ingin bermalam di rumah Nabi Luth. Kedua putri Nabi Luth terdiam. Mereka saling berpandangan. Mereka cemas dengan perilaku kaum Sodom. Jika ada tamu tampan dan bertubuh menarik, mereka akan jadi rebutan.

Rombongan pemuda itu masih menunggu jawaban. Putri Nabi Luth meminta izin bertanya terlebih dahulu kepada ayahnya. Mereka pulang menemui sang ayah.

Putri Nabi Luth menceritakan ciri-ciri pemuda yang ditemui. Nabi Luth menjadi bingung.
Demi kecintaan untuk memuliakan tamu, Nabi Luth ingin menerima mereka. Nabi Luth pun setuju untuk menerima mereka. Apapun yang akan terjadi, serahkan semuanya kepada Allah SWT.

Mereka menunggu hari menjadi gelap. Ketika malam menjelang, mereka berjalan menuju rumah Nabi Luth saat kaum Sodom sudah terlelap.

Nabi Luth meminta anak-anak dan istrinya untuk merahasiakan tentang tamunya. Tetapi istri Nabi Luth membocorkan rahasia itu. Dia mengabarkan kedatangan tiga pemuda, berserta ciri-ciri para pemuda itu. Kaum Sodom tertarik pada tamu-tamu Nabi Luth, mereka berbodong-bondong mendatangi rumah Nabi Luth. Mereka menggerdor pintu rumah Nabi Luth.

Kedua tangan Nabi Luth gemetar menahan pintu rumah yang didorong kaum Sodom. Beliau sudah tidak kuat lagi menahan pintu.

“Wahai tamuku! Maafkan aku tidak bisa menjadi tuan rumah yang baik. Aku tidak dapat melindungi kalian dari kejahatan kaum Sodom. Maafkanlah jika kalian tidak dapat selamat selama berada di rumahku,” ucap Nabi Luth penuh penyesalan.

Disaat Nabi Luth bersusah hati, tamu-tamunya memberitahukan siapa mereka sebenarnya.
“Wahai Luth! Kami adalah utusan Allah yang akan mengirim adzab untuk kaum Sodom. Segeralah tinggalkan tempat ini! Adzab akan turun pada subuh nanti. Bukankah waktu subuh sudah dekat?”

Para malaikat meminta Nabi Luth membuka pintu. Ketika kaum Sodom melangkah masuk, tiba-tiba pandangan mereka gelap gulita. Mereka menggosok-nggosok mata, tetapi tetap tidak terlihat apa-apa.

Para malaikat meminta Nabi Luth sekeluarga keluar rumah menuju luar kota dan diminta untuk tidak menoleh kebelakang.

Nabi Luth dan segelintir pengikutnya meninggalkan kaum Sodom tanpa menoleh kebelakang. Kecuali istri Nabi Luth yang terus menoleh kebelakang sehingga tertinggal oleh rombongan.
Nabi Luth yang pengikutnya yang sholih selamat dari adzab Allah untuk kaum Sodom.

Kisah diambil dari buku #24NabidanRasulTeladanUtama
#24NR
#komunitasfafirruIlallah

Leave a Reply

Your email address will not be published.