Enter your keyword

post

LAZIS Nurul Falah Kirim Bantuan untuk Penyintas Bencana Kalsel

LAZIS Nurul Falah Kirim Bantuan untuk Penyintas Bencana Kalsel

nurulfalah.org – Indonesia dikenal sebagai kawasan rawan bencana. Karena itu, penanggulangan dan pemberian bantuan terhadap para korban bencana menjadi perhatian tersendiri.

Di antara berbagai bencana alam yang terjadi selama Januari–Februari 2021, musibah banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) serta gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), menjadi keprihatinan bersama. Tidak tinggal diam, LAZIS Nurul Falah bekerja sama dengan FOZ Jatim (Forum Zakat Jawa Timur) dan IPCN (Ikatan Pengusaha Cargo Nasional) untuk mengirimkan bantuan kepada korban bencana banjir di Kalsel pada 4 Februari 2021.

Tepat pukul 07.00 WIB, tim melakukan pengambilan nomor antrean mobil di Masjid Akbar Surabaya. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan konvoi ke Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Ketua FOZ Kholaf Hibatullah dan perwakilan IPCN hadir untuk memberikan sambutan. ”Terdapat 200-300 juta bantuan yang akan dikirimkan dalam tiga truk, pick up, dan beberapa ambulans,” tutur Kholaf. Sejak tiga tahun terakhir IPCN bekerja sama dengan FOZ Jatim dalam melakukan pengiriman barang kepada daerah korban bencana.

Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa. Ia melakukan pelepasan bantuan secara simbolis untuk korban banjir di Kalsel dan gempa bumi di Sulbar. Acara itu berlangsung di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Surabaya.

“Terima kasih kepada para amil dan relawan Jawa Timur yang berkolaborasi dengan FOZ dan IPCN dalam pengiriman bantuan korban bencana Kalsel dan Sulbar. Anggaran pemerintah tidak akan bisa meng-cover semua bencana yang ada di Indonesia ini. Karena itu, ke depan mari kita sama-sama turut mengentaskan kemiskinan dan recovery bencana di Jawa Timur,” ujar Khofifah.

Setelah acara pelepasan bantuan oleh gubernur, acara dilanjutkan dengan pengiriman ke Pelabuhan Tanjung Perak. Penyaluran bantuan seluruh LAZ memang didistribusikan melalui jalur laut.

LAZIS Nurul Falah mengirimkan satu pick up bantuan. Di antaranya adalah bantuan Al-Qur’an untuk santri, peralatan shalat, sembako, dan makanan ringan untuk guru ngaji korban bencana banjir di Kalsel. Untuk pengambilan bantuan di Kalsel, LAZIS Nurul Falah bersinergi dengan Tilawati Cabang Kalimantan Selatan. KPA Tilawati di sana akan mengambil bantuan tersebut di pelabuhan setempat. Mereka siap menyalurkan bantuan dari para donatur LAZIS Nurul Falah itu kepada guru ngaji, santri, dan masyarakat korban bencana banjir.

Terima kasih kepada donatur dan beberapa lembaga yang bersinergi dalam kolaborasi bantuan kemanusian ini. Semoga keberkahan selalu menyertai kita semua serta para korban bencana bisa bahagia atas donasi sahabat semua. (eko/lazisnf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.