Enter your keyword

post

Mengedukasi Anak Berzakat Mandiri

Mengedukasi Anak Berzakat Mandiri

Nurulfalah.org – Mengantarkan dan mengajak anak-anak kita untuk turut andil menunaikan zakat adalah adalah wujud pendidikan informal yang perlu diimplementasikan bagi orangtua sebagai kewajiban seorang muslim.

Anak-anak yang dikenalkan sejak dini dengan kewajiban zakat akan menjadi bekal kelak jika ia telah tumbuh dewasa (baligh) sehingga dapat terbiasa menunaikan kewajiban tanpa harus diperintah.

Selain dari aspek spiritual kewajiban menunaikan salah satu rukun islam yaitu zakat dapat mengedukasi anak-anak untuk menumbuh kembangkan jiwa kepekaan sosial, mengikis jiwa individualis, membutuk sifat kedermawanan, terbebas dari sifat kikir dan tamak.

Dengan begitu, anak-anak akan memahami bahwa harta yang kita miliki hanyalah titipan semata dan sebagian dari harta yang kita miliki terdapat hak orang lain yang wajib dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Pelajaran tersebut perlu kita teladani dari seorang anak berusia 12 tahun yang bernama Farel telah menunaikan zakat fitrah pada Lazis Nurul Falah.

Farel yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar itu mendatangi gerai Lazis Nurul Falah di Marvell City Mall Surabaya, Sabtu 25 Mei 2019.

“Assalamualaikum adik ada yang bisa saya bantu ?,” sambutku saat ia mendatangi gerai Lazis Nurul Falah. “Waalaikum salam itu kak saya mau bayar zakat,” jawabnya sambil memainkan samart phonenya.

Adik yang baru naik kelas enam SD itu menunaikan zakat fitrah tidak datang sendirian ia ditemani kakaknya bernama Fayime yang masih duduk di bangku SMP juga turut menunaikan zakat.

“Kalian datang hanya berdua ?,” tanyaku pada kedua adik kakak tersebut. “Tidak kak itu sama Ayah sambil menunjuk ke arah belakang,” jawab kakak Farel.

Kemudian saya pun menoleh ke belakang mendapati Ayah mereka yang sedang melihat-lihat pakaian yang hendak dibelinya.

Masyaallah sungguh sangat mengiinspirasi sekali. Sosok Ayah yang mendidik Anaknya untuk bisa menunaikan zakat secara mandiri.

Abdul Malik (Mahasiswa UINSA Surabaya, Relawan Sahabat Ramadhan Lazis Nurul Falah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.