Enter your keyword

post

Pendidikan, keluarga, dan media sosial

Pendidikan, keluarga, dan media sosial

Pendidikan, keluarga, dan media sosial

Nurulfalah.Org – Peningkatan kualitas sumber daya manusia, pendidikan memegang peranan penting. Sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan bangsa hanya akan lahir dari sistem pendidikan yang berdasarkan filosofis bangsa itu sendiri.

Sistem pendidikan cangkokan dari luar tidak akan mampu memecahkan problem yang dihadapi bangsa sendiri. Oleh karena itu, upaya untuk melahirkan sistem pendidikan nasional yang berwajah dan bertubuh Indonesia berdasarkan pancasila harus terus dilaksanakan dan semangat untuk itu terus menerus diperbarui.

Tantangan utama bangsa Indonesia saat ini dan masa akan datang adalah, bagaimana dia berpacu untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, memang cukup menarik untuk dikaji bagaimana kualitas pendidikan kita dan upaya apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Entah ini masih rumor atau sekadar wacana, bahwa pemutus kebijakan di negara kita, akan mendatangkan para pengajar dari luar negeri. Mungkinkah ini adalah sebagian strategi untuk mengkatrol kualitas pendidikan kita ke arah yang lebih baik?.

Bagi saya harmonisasi pendidikan perlu untuk lebih dimaksimalkan lagi. Bagaimana memberikan pemahaman kepada calon orang tua maupun para orang tua tentang pentingnya pendidikan, terutama dalam keluarga itu sendiri. Pendidikan semacam ini, masih lemah pada prakteknya.

Ciptakan manusia unggul dan berbudi dengan menempatkan harmonisasi keluarga di atas segalanya. Karena era kini, seringnya para orang tua lebih suka berlama-lama dalam dunia media sosial, katimbang membersamai buah hatinya. Mereka lebih suka membicarakan politik dan isu terbaru daripada membicarakan pendidikan untuk keluarga. Padahal mereka paham bahwa pendidikan itu sangat penting untuk keluarga, tapi masih sedikit orang yang mau dan sadar dengan sebenar-benarnya sadar.

Berbicara pendidikan, yang selalu berkembang tentu akan selalu memunculkan teori maupun konsep-konsep baru yang dianggap penting dan bisa membawa perubahan. Tapi konsep ini, jika kita perhatikan, selalu berubah dalam setiap pergantian pimpinan dalam pemerintahan. Padahal konsep terdahulu belum benar-benar tuntas .

Semoga agenda transformasi pendidikan kita mampu membawa kepada perubahan terbaik untuk generasi yang akan datang.(FB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.