Enter your keyword

post

Penghapusan Pahala, Sementara atau Selamanya?

Penghapusan Pahala, Sementara atau Selamanya?

Oleh: Prof. Dr. H Moh. Ali Azis, M.Ag.

Tanya :
Assalamu’alaikum wr wb.
Saya guru SD Islam, ketika membuka Al Qur’an, saya benar-benar tertampar firman Allah bahwa pahala sedekah akan dihapus jika pemberi sedekah mengungkit-ungkit sedekahnya. Pertanyaan saya, penghapusan itu selamanya atau bersifat sementara? Artinya, ketika dua pihak saling memaafkan, apakah pahala itu dikembalikan lagi? Atau dikembalikan dengan potongan? Demikian, terima kasih.

Musthofa Abror – Keputih, Surabaya

Jawab:

Wa’alaikumussalam wr.wb.

Pertanyaan Ustaz Musthofa Abror benar-benar baru bagi saya. Belum pernah saya mendapat pertanyaan secerdas itu. Ayat yang bapak maksudkan itu adalah ayat berikut. 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُبْطِلُوا۟ صَدَقَٰتِكُم بِٱلْمَنِّ وَٱلْأَذَىٰ كَٱلَّذِى يُنفِقُ مَالَهُۥ رِئَآءَ ٱلنَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ فَمَثَلُهُۥ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُۥ وَابِلٌ فَتَرَكَهُۥ صَلْدًا ۖ لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَىْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا۟ ۗ وَٱللَّهُ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka, perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.”

 Adapun yang dapat membatalkan sedekah adalah perbuatan menyebut-nyebut pemberian, caci maki dan riya. 

Referensi: https://tafsirweb.com/1030-quran-surat-al-baqarah-ayat-264.html

(Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan). Yakni mereka tidak dapat mendapatkan pahala dari apa yang ia sedekahkan tidak pula dapat mengembalikan harta yang telah disedekahkan, padahal ia telah berlelah-lelah untuk mendapatkan harta tersebut sebelumnya.

Referensi: https://tafsirweb.com/1030-quran-surat-al-baqarah-ayat-264.html
http://ctrl.uinsby.ac.id/index/portal

Leave a Reply

Your email address will not be published.