Konsultasi Agama

Apa Zikir Al Baqiyatus Shalihat?


2 bulan yang lalu


apa-zikir-al-baqiyatus-shalihat
Assalamu’alaikum wr wb.
Dalam Al-Qur’an dan Terjemah yang diterbitkan Kemenag RI, arti Al Baqiyatus Shalihat adalah amal-amal yang kekal dan saleh. Tapi, dalam buku-buku zikir disebutkan, Al Baqiyatus Shalihat adalah sebuah zikir. Mohon penjelasan dari Bapak Pengasuh arti sesungguhnya dari Al Baqiyatus Shalihat. Terima kasih.     
 
Miftahur Surur, S.Pd. - Banyuwangi
 
 
Jawab:
Wa’alaikum salam wr wb.
Terima kasih atas pertanyaan Bapak Miftahus Surur, S.Pd. yang sangat baik. Pertanyaan Bapak juga pernah terlintas dalam pikiran saya kira-kira 20 tahun silam. Ketika itu, saya membaca terjemah surat Al-Kahfi ayat 46 berikut ini,
 
اَلْمَالُ وَالْبَنُوْنَ زِيْنَةُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۚ وَالْبٰقِيٰتُ الصّٰلِحٰتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَّخَيْرٌ اَمَلًا 
“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amal-amal yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan” 
 
Al Baqiyatus Shalihat akan mudah kita pahami artinya jika kita sandingkan dengan kata sebelumnya, yaitu harta dan anak. Hidup ini akan menyenangkan jika dalam keluarga terdapat harta yang cukup dan anak-anak yang sesuai harapan. Tapi, melalui ayat ini kita diingatkan bahwa kenikmatan harta dan anak ada batasnya. Semakin menua, fisik semakin lemah dan banyak penyakit. Karena itu, dokter melarang kita menikmati semua kekayaan karena amat berbahaya untuk kesehatan. Kita juga suatu saat akan berpisah dengan anak-anak yang kita banggakan. Karena itu, kita butuh investasi perbuatan-perbuatan baik yang dapat kita rasakan buahnya selamanya sampai di akhirat kelak. Investasi kebaikan yang bisa kita rasakan buahnya sampai akhirat itulah yang disebut Al Baqiyatus Shalihat.
 
Menurut Abdurrahman bin Zaid bin Aslam, Al Baqiyatus Shalihat adalah semua perbuatan yang baik. Sementara menurut Said bin Jubair ra yang bersumber dari Ibnu Abbas, arti Al Baqiyatus Shalihat adalah zikir.
 
سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لـِلَّهِ، وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ، وَاللهُ اَكْبَرُ
Menurut Usman bin Affan ra, arti Al Baqiyatus Shalihat adalah shalat awal waktu yang diiringi bacaan zikir di atas, dengan tambahan zikir hauqalah, yaitu:
 
سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لـِلَّهِ، وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ، وَاللهُ اَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ
Menurut Usman bin Affan ra, shalat tepat awal waktu dan zikir di atas menjadikan kita selalu ingat Allah sehingga selalu terasa ada dorongan melakukan kebaikan yang buahnya kita petik kelak di akhirat.
 
Semoga jawaban ini memuaskan Bapak Miftahus Surur, S.Pd. Wallahu ta’ala a’lam.