Kajian Al Quran

Gerhana Bulan Total, Saatnya Bertaubat


setahun yang lalu


gerhana-bulan-total-saatnya-bertaubat

Dilansir dari laman BMKG, gerhana bulan total akan kembali terjadi pada Selasa, 8 November 2022.  Allah Swt akan memperlihatkan Kekuasaannya yang Maha Agung Maha Dashyat disinilah kita bisa melihat bukti kebesaran dan keberadaan Yang Maha Mencipta dan Maha Sempurna.

Gerhana bulan total maupun sebagian merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT. Karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa gerhana bulan ketika terjadi fenomena alam gerhana bulan total maupun sebagian.

Kejadian gerhana jangan dianggap kejadian biasa seperti anggapan orang orang sekarang. Jangan dianggap hanya perhitungan falaqiyah semata , kemudian menyambut dengan gembira dan jadi tontonan yang se olah-olah tak ada makna yang menusuk hati , maka ketahuilah Inilah tanda tanda kelemahan iman.

Padahal Allah Swt jelaskan di dalam Al Qur'an di akhir Surat Al Isra ayat 59 : 

وما نرسل بالايات الا تخويفا 

Dan Kami tidak mengirimkan tanda tanda itu , melainkan untuk menakut nakuti...

Sahabat...

الكسوف والخسوف لتخويف العباد

Gerhana Matahari dan Bulan untuk menakut- nakuti manusia yang sudah terlampau jauh dari agamanya , bergelimang kemaksiatan yang sudah merajalela serta kerakusan dunia yang sudah tidak menghiraukan nilai-nilai persatuan dan keadilan agar manusia kembali ke jalan yang benar.

Saat terjadi gerhana bulan total maupun sebagian, Muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana, berdoa, memperbanyak dzikir, membaca istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.  

Rasululloh Saw menganjurkan : 

فاذا رايتم ذلك فادعواالله وكبروا وصلوا وتصدقوا

"Maka jika kalian melihat itu ...segera berdoa kepada Allah, bertakbir , melaksanakan Sholat dan bersedekah.

Mari kita jadikan Kebesaran Allah ini menjadi momentum untuk introspeksi diri , bertaubat dengan rasa takut, malu,menangis dan memperbanyak istigfar .(NF)