Konsultasi Kesehatan

Gigi Anak Banyak Berlubang


2 tahun yang lalu


gigi-anak-banyak-berlubang

Tanya:

Assalamualaikum wr wb.

Anak saya berusia dua tahun. Banyak giginya yang berlubang. Mohon saran bagaimana cara merawatnya? Terima kasih. 

Ibu Umi – Malang, Jawa Timur

Jawab:

Anak-anak kita memang anugerah terindah yang kita miliki. Senang rasanya melihat mereka tersenyum lebar. Namun, jika giginya berwarna kecokelatan, apalagi berlubang, hal itu akan dapat mengganggu penampilannya. Nah, apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak? 


Pada usia enam bulan, umumnya gigi anak mulai tumbuh. Ini diawali dengan tumbuhnya gigi seri bagian depan berjumlah dua buah. Pertumbuhan gigi tersebut akan terus berlanjut sampai gigi susu berjumlah 20 buah, yang biasanya dicapai anak pada usia 35 bulan. Biasanya, anak akan mengalami demam ketika giginya tumbuh, namun tidak semua. Hal ini terjadi karena ketika tumbuh gigi anak akan mengeluarkan banyak air liur saat gigi menembus gusi. Demam merupakan bawaan, jadi kadang muncul dan kadang tidak. Berikut ini langkah-langkah untuk menjaga kesehatan gigi anak.


1. Menjaga kebersihan gigi anak

Begitu gigi seri pertama muncul kurang lebih saat bayi berusia enam bulan, kita sudah harus memperhatikan kebersihan mulut mereka. 


2. Cara menyikat gigi pada anak

Pada dasarnya, hanya ada dua gerakan menyikat gigi, yakni vertikal dan horizontal. Kita harus mengombinasikannya agar mendapatkan kebersihan gigi yang maksimal. Menyikat dengan arah horizontal saja tidak akan mampu membersihkan sela sela gusi ataupun leher gusi, apalagi jika anda salah menerapkannya, misal dengan menggosok terlalu keras, maka gusi bisa turun, maka berhati-hatilah. Gosoklah gigi anak anda secara vertikal pula dengan sudut 45 derajat terhadap gusi. Cara yang baik adalah dengan mendudukkan dia di pangkuan, kemudian mendongakkannya dan sangga dengan tangan anda. Dengan posisi tersebut maka semua gigi anak anda akan terlihat jelas, dan akan lebih mudah disikat daripada pada posisi berdiri. Cara ini juga dapat digunakan apabila anda ingin memeriksa kondisi mulut anak anda, misal terdapat bengkak pada gusi akan terlihat. 


3. Menjaga kesehatan gigi orang tua

Tahukah Anda apabila gigi dari seorang ibu berlubang, akan ada kemungkinan si ibu menularkan kuman terhadap si anak. Penelitian membuktikan bahwa hal  ini bukanlah masalah genetic, melainkan infeksi/penularan kuman. Apabila anak Anda belum mempunyai gigi, kuman tidak akan bisa berkembang. Namun, Anda harus berhati-hati apabila anak Anda sudah mempunyai gigi, penularan kuman biasanya melalui ciuman. Maka, selain menjaga kesehatan gigi anak, penting pula menjaga kesehatan gigi orang tua.