Parenting

Kekuatan dari kata-kata yang baik


2 tahun yang lalu


kekuatan-dari-kata-kata-yang-baik

Maaf - tolong - terima kasih, mungkin 3 kata itu terdengar simpel, dan sangat biasa akan tetapi mengandung makna yang luar biasa apabila kita praktekkan dan dibiasakan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan diajarkan pada siswa.

Bisa kita pahami mengucapkan maaf memang sangat berat, berarti kita sadar diri dan mengakui bahwa apa yang kita lakukan adalah salah, dan mungkin bisa jadi berpotensi untuk menyakiti orang lain.

Ketika melihat anak kecil bertengkar, dengan egonya masing-masing sangat sulit untuk mengajarkan dan membiasakan mereka meminta maaf ketika salah. Tapi dengan pembiasaan tersebut sangat mungkin ketika mereka dewasa mereka akan sangat peka terhadap setiap sikap yang akan mereka lakukan.

Bagi kita orang yang sudah dewasa, meminta maaf bukanlah hal yang memalukan ketika salah, sejatinya memang manusia kan tempatnya salah, tapi ketika kita meminta maaf maka kita secara langsung sadar dan bisa mengevaluasi akan kesalahan kita.

Kata kedua yang harus kita biasakan yaitu "tolong" sebuah kata sederhana yang bisa berakibat baik dalam pembentukan karakter anak atau biasa disebut akhlaqul karimah 

Contoh dialog sederhana dalam keluarga :

"Kak.. tolong temenin dulu adeknya, ummi mau masak dulu"

"Kak,... tolong ambilkan minum ya untuk adeknya"

"Ummi.. tolong dede ga bisa bukanya"

Hal-hal seperti ini bisa dijadikan pembiasaan dikeluarga kecil sehingga ketika meminta bantuan maka kata "tolong" wajib diucapkan. Sebagai bentuk wujud rasa hormat kita kepada orang yang dimintai bantuan baik orang tua ke anak, atau anak ke orang tua, semuanya sama.

Kata ketiga yang harus dibiasakan yaitu "terimakasih" sebab hal ini bis amembuat orang yang menerima ucapan tersebut merasa dihargai atas apa yang dilakukannya.

Contoh sederhana yang bisa dilakukan dalam keluarga misalnya ketika ada mamang paket datang, kami selalu mengajarkan untuk mengucapkan terima kasih.

Ketika beli jajanan setelah uang dikasihkan dan barang diterima, wajib bilang terima kasih ke penjualnya.

Begitupun ketika anak-anak sedang beranjak tidur, jangan sungkan untuk mengucapkan terima kasih karena sudah menjadi anak yang baik, dan do'akan menjadi anak yang soleh/solehah.

Ketika menerima uang jatah bulanan atau uang belanja dari suami jangan lupa ucapkan terima kasih karena sudah bekerja keras, dan do'akan agar rezeki yang diterima berkah.

Ya kata terima kasih akan membuat orang yang menerima ucapan tersebut merasa dihargai atas apa yang dilakukannya.

Selamat mengaplikasikan ucapan tersebut kepada siapapun orang-orang yang kita temui, terutama untuk orang-orang yang terdekat dengan kita.

Insyaallah akan menghasilkan habbits yang luar biasa.