Konsultasi Pembelajaran

Teknik yang Tepat Penentu Kebehasilan Pembelajaran


2 tahun yang lalu


teknik-yang-tepat-penentu-kebehasilan-pembelajaran

Tanya:

Assalamualaikum wr. wb.

Ustaz, saat proses belajar dan mengajar, ada istilah metode dan teknik  pembelajaran. Mohon izin diberi penjelasannya. Atas penjelasannya, kami ucapkan  banyak terima kasih. 

Ust. Bagus Aji Nusantara - Bojonegoro

Jawab:

Waalaikum salam. Terimakasih atas pertanyaannya Ustaz Bagus Aji.

Dalam sebuah proses pembelajaran, guru memiliki cara dalam melakukan pembelajarannya. Ada patokan-patokan yang harus dipenuhi atau dipatuhi dalam melakukan pembelajaran supaya tujuan yang diharapkan terpenuhi. Karena itu, diperlukan metode dan teknik yang relevan dalam pembelajaran. Sebab, dalam metode dan teknik, banyak macamnya.

Di bawah ini kami paparkan pengertian metode dan teknik mengajar menurut para ahli pendidikan.

a. Metode Mengajar

1. Menurut Hidayat (1990), kata metode berasal dari bahasa Yunani, methodos yang berarti jalan atau cara. Jalan atau cara yang dimaksud di sini adalah sebuah upaya atau usaha dalam meraih sesuatu yang diinginkan. 


2. Menurut Max Siporin (1975), yang dimaksud metode adalah sebuah orientasi aktivitas yang mengarah pada tujuan-tujuan dan tugas-tugas nyata. Cara seorang guru yang dipergunakan dalam mengajar agar proses transfer ilmu berjalan dengan mudah sehingga santri menjadi lebih paham.


3. Heri Rahyubi (2012) mengartikan “metode adalah suatu pola atau cara yang dapat dilakukan untuk menggelar aktivitas belajar mengajar agar berjalan dengan baik”. 

Dari beberapa pendapat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa metode adalah suatu cara dalam menyampaikan materi pelajaran kepada santri sebagai jalan menuju keberhasilan dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajar mudah memahami materi yang disampaikan. 


b. Teknik Mengajar

1. Menurut Sanjaya (2008), teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode.

2. Menurut Smith (1970), teknik pembelajaran adalah kelengkapan atau langkah-langkah dengan dilengkapi keragaman, fokus, dan penjelasannya. Teknik merupakan katalisatos metode, berbeda ruang lingkupnya dengan metode.