Konsultasi Kesehatan

Tumor Jinak pada Gigi


21 jam yang lalu


tumor-jinak-pada-gigi

Oleh: drg. Dwi Wahyu Indrawati, Sp.Perio, M.Kes. 


Tanya:
Dokter, saya punya masalah dengan benjolan pada gigi saya yang mudah berdarah. Saya takut periksa ke dokter gigi. Apakah itu tumor? Terima kasih. 

Riky, Malang

Jawab: 
Salam Pak Riky. Tumor merupakan sel tubuh yang berkembang secara abnormal. Selain bisa tumbuh di seluruh bagian tubuh, tumor banyak ditemui pada rongga mulut terutama di bagian mukosa dan gusi.

Ada banyak penyebab tumor jinak pada gusi. Misalnya, kebiasaan buruk, kurang menjaga kesehatan organ mulut, atau bisa juga karena faktor lain. Berikut adalah beberapa penyebab tumor pada gusi.

1.    Faktor Genetik
Meskipun hanya berpotensi sekitar 5–10%, penyebab tumor bisa dari faktor keturunan yang Anda bawa dari keluarga. Biasanya, ada garis keturunan yang telah mengidap penyakit tumor sebelumnya. Sehingga potensi untuk memiliki penyakit yang sama pun dapat terjadi pada Anda.

2.    Kurang Menjaga Kebersihan Rongga Mulut
Mulut menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Selain berfungsi sebagai tempat masuknya, seringkali kesehatan mulut kurang diperhatikan. Kebanyakan orang akan mengabaikan kesehatan mulut mereka sebelum adanya penyakit yang menyerang. Hal inilah yang dapat berpotensi menyebabkan berbagai masalah organ mulut dan gigi. Misalnya, karies gigi, gigi berlubang, karang gigi, dan bahkan bisa merujuk ke penyakit mulut yang lebih serius.

3.    Konsumsi Makanan yang Salah
Faktor makanan dan minuman seperti makanan penyebab kanker mulut yang Anda konsumsi setiap hari menjadi penyebab timbulnya benjolan abnormal pada gusi. Kandungan zat berbahaya dapat menyebabkan tumbuhnya sel abnormal yang bisa menyerang gusi sehingga muncul luka dan benjolan yang terus membesar.

4.    Memiliki Kebiasaan Buruk
Selain dari faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, penyakit tumor pada gusi juga bisa disebabkan dari kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari. Misalnya, kebiasaan merokok, mengonsumsi obat-obatan, minuman beralkohol, kurang menjaga pola hidup sehat, dan sebagainya.

5.    Trauma atau Luka
Biasanya trauma atau luka bisa disebabkan dari bekas cidera, luka ataupun benturan pada gusi yang tidak tertangani secara tepat. Luka akan terus membesar dan berujung pada sebuah benjolan abnormal yang disebut dengan tumor.

Cara Mengobati Tumor pada Gusi
Beberapa pengobatan bisa dilakukan untuk mengatasi tumor gusi, di antaranya:

A.    Pembedahan
Pembedahan dilakukan untuk menghentikan pertumbuhan sel abnormal yang terdapat pada gusi. Pada proses ini, pembedahan dilakukan dengan tidak merusak jaringan yang ada di sekitarnya. Pembedahan hanya dilakukan ketika tumor sudah membesar dan mengganggu.

B.    Menjaga Kesehatan Organ Mulut
Selain dilakukan cara pengobatan, mengatasi tumor pada gusi harus dilakukan dari mengubah kebiasaan buruk sehari-hari. Selain itu, pentingnya menjaga kesehatan organ mulut harus mulai disadari sejak dini.

Semoga penjelasan dari pengasuh bisa memberikan pengetahuan dan pemahaman. Salam.