LAZIS Nurul Falah

Beasiswa Diklat Tilawati bagi Guru Ngaji Blitar


2 tahun yang lalu


beasiswa-diklat-tilawati-bagi-guru-ngaji-blitar

“Sebaik-baik di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR Bukhari).


Dalam setiap diri manusia, ada anjuran untuk belajar dan mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Sebab, segala petunjuk kehidupan ada di dalam Al-Qur’an.


Karena itu, LAZIS Nurul Falah Cabang Blitar terus bergerak dalam bidang Al-Qur’an. Tujuannya untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an serta memberikan beasiswa kepada guru Qur’an dengan mengikuti diklat guru ngaji metode tilawati level 1.


Acara tersebut dilaksanakan pada 28 Mei 2022 di Mushola Al-Mubarok, Desa Ringianom, Kecamatan Udanawu. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencetak guru ngaji Al-Qur’an yang siap mengajarkan Qur’an dengan metode tilawati di tempat masing-masing.


Pelatihan yang diberikan kepada guru ngaji tersebut berupa pokok pembahasan, ghorib-musykilat, strategi PBM tilawati dasar, pengenalan tilawati PAUD, microteaching, dan munaqosyah.


Beasiswa didapat 20 guru ngaji Al-Qur’an di Kecamatan Udanawu. Hal ini membuat guru ngaji lebih memiliki jiwa semangat untuk terus berjuang dalam mendakwahkan Al-Qur’an dan mendidik generasi bangsa.


Ustaz Muttaqin, ketua LAZIS Nurul Falah Cabang Blitar, mengatakan bahwa diklat ini akan sangat membantu dalam mengasah kemampuan mengajar Al-Qur’an bagi guru ngaji setempat. Sehingga pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati lebih menarik dan menyenangkan ketika disampaikan.


“Sebab, guru ngaji merupakan ujung tombak dalam mengajarkan Al-Qur’an. Sebagai pendidik, ada tugas untuk memahamkan anak-anak didik kita dengan cara yang lebih menyenangkan,” terangnya.


Ustaz Zaki, salah satu peserta diklat yang mendapatkan beasiswa, mengatakan bahwa acara ini sangat penting bagi guru ngaji agar bisa lebih bain dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak secara menyenangkan.


“Di sini kami diajarkan banyak hal dalam mengajarkan Al-Qur’an dengan cara yang menyenangkan,” ucapnya. (lazisnf/eko)