Nurul Falah

Komitmen Dakwah Qur’an dengan Efektivitas Pengembangan Tilawati


2 tahun yang lalu


komitmen-dakwah-quran-dengan-efektivitas-pengembangan-tilawati

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam mencetak karakter dan kualitas seseorang. Karena itu, pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama pada era teknologi yang serbacepat seperti sekarang.

 

Di sisi lain, penanaman akhlak tidak kalah pentingnya. Karena itu, pendidikan agama tentu saja tidak dapat dipisahkan dalam upaya mencetak generasi unggul dan berkarakter mulia. 

Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah berkomitmen dalam upaya dakwah membumikan Al-Qur’an di seluruh penjuru negeri ini. Yang menggembirakan, tidak sedikit kaum orang tua yang sadar akan pentingnya pendidikan Qur’an bagi anak-anak mereka. Terutama dalam membentuk karakter akhlakul karimah. 

 

Hal inilah yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Dr. KH Umar Jaeni, M.Pd. dalam rapat hasil kerja per semester di Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah pada Selasa dan Rabu, 19-20 Juli 2022. Ia menyampaikan salah satu hasil observasinya. ”Bahwa pesantren kini telah menjadi primadona. Dari beberapa siswa yang saya tanyai, ada lima sampai tujuh anak yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di pesantren,” jelasnya. 

 

KH Umar menambahkan, di tengah kesadaran kalangan masyarakat terhadap pentingnya pendidikan Al-Qur’an, Nurul Falah harus terus meningkatkan kualitas, baik layanan maupun pembelajaran. ”Karena itu, kita harus menjaga komitmen dalam berdakwah, yaitu mendampingi para guru ngaji dan lembaga pendidikan melalui pembelajaran membaca Al-Qur’an yang mudah dan menyenangkan melalui metode tilawati,” tuturnya.

Hal ini tentunya sejalan dengan semangat tilawati, yakni bahagia bersama Al-Qur’an. KH Umar menyampaikan, kualitas SDM terutama guru-guru ngaji di Indonesia perlu terus ditingkatkan. Sebab, mereka merupakan salah satu garda depan dalam peningkatan kualitas pendidikan.  

 

Rapat evaluasi program kerja per semester tersebut diikuti oleh sekretaris eksekutif, staf ahli, para asisten direktur, dan jajaran terkait. Di antaranya, tampak Ustaz Abd. Rohim Hasan, S.Ag., M.Pd. dan Khodimul Ma’had Drs. KH Ali Muaffa, M.Ag. Diharapkan, rapat evaluasi program kerja ini dapat mendorong efektivitas kerja tim di lingkungan Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah dalam membumikan Al-Qur’an melalui metode tilawati. (eko)