Tilawati

KPA dari 14 Daerah Ikuti Rakercab Tilawati Regional 1 Banten


setahun yang lalu


kpa-dari-14-daerah-ikuti-rakercab-tilawati-regional-1-banten

Nurulfalah.org – Telaga Sampireun Bintaro menjadi saksi dari kegiatan yang penuh hikmat pada Sabtu, 29 Juli 2023, saat Ketua Cabang Tilawati Regional 1 Banten KH Muhammad Rafiq, M.A., Al Hafizh, memimpin rapat kerja cabang (rakercab) tilawati. Acara tersebut dihadiri oleh para ketua Koordinator Pengembang Al-Qur'an (KPA) dari 14 daerah yang berlangsung dengan lancar dan penuh semangat.

Rapat dimulai dengan mengadakan upgrading para trainer dan instruktur. Tujuannya untuk menyamakan pemahaman dalam materi diklat dan memastikan para trainer dan instruktur mampu menguasai materi dengan baik, sesuai standar pusat, yaitu Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya.

Sesi berikutnya dipandu oleh Ustazah Shinta, yang menyampaikan sosialisasi tentang sistem pendataan tilawati yang lebih modern. Beberapa hal yang dibahas meliputi pendataan KPA, lembaga, hingga penerbitan sertifikat secara online. Sistem ini memungkinkan penginputan data peserta diklat hingga mencetak syahadah tilawati secara otomatis dan praktis.

Selama rapat, para peserta juga berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai perkembangan pergerakan tilawati. Visi misi pun disatukan dan wilayah dibagi secara jelas untuk memastikan setiap daerah dapat berpartisipasi aktif dalam pengembangan tilawati.

Rapat berakhir dengan ditutup oleh doa dari Ustaz Ahmad Sugiarto, S.Pd., Al Hafizh, yang juga hadir sebagai tamu dan peserta rapat. Rakercab Tilawati Regional 1 Banten tersebut menjadi momentum penting dalam menguatkan koordinasi dan kolaborasi antara berbagai daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode tilawati. Semoga hasil rapat ini dapat membawa manfaat besar bagi pengembangan tilawati di wilayah Banten dan sekitarnya. (lyn/eko)