IEC (Islam Education Center)

Menjadi Guru Kreatif dengan Pemanfaatan Ice Breaking


setahun yang lalu


menjadi-guru-kreatif-dengan-pemanfaatan-ice-breaking

Nurulfalah.org - Dalam proses belajar mengajar, ada metode yang disebut ice breaking. IEC Nurul Falah Surabaya ikut andil dalam menyempurnakan metode belajar tersebut dengan mengadakan seminar Menjadi Guru Kreatif (Ice Breaker for Teaching and Learning). Kegiatan tersebut diadakan di Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya pada Ahad pagi, 26 Februari 2023. 

Ice breaking merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk menghilangkan rasa jenuh di dalam kelas. Kejenuhan tersebut bisa disebabkan terlalu banyak tugas. Ive breaking bisa disebut intermezo dalam pembelajaran. 

Ustaz Tukardi, S.T. menjelaskan, ice breaking bisa dilakukan di kelas dengan keterbatasan ruangan. Caranya bisa memanfaatkan kursi ataupun bangku yang ada di kelas. Saat-saat membosankan dan penuh kejenuhan di dalam kelas dapat diredam dengan ice breaking.

Menurut Ustaz Tukardi, dari kegiatan ini, para peserta juga dapat belajar ice breaking yang memiliki beberapa manfaat. Misalnya, menciptakan ide kreatif baru, memaksimalkan performa belajar pada siswa, melatih siswa aktif dalam berinteraksi dengan baik, melatih kerja sama antarsiswa, serta membentuk karakter siswa yang berpikir kritis dalam pemecahan masalah. “Ice breaking kini tidak hanya digunakan untuk metode pembelajaran dalam kelas, tapi juga kegiatan seminar seperti yang kita hadiri saat ini, ” tuturnya. (lyn/eko)