Nurul Falah

Nurul Falah Lakukan Studi Banding ke Pondok Pesantren Sidogiri


2 tahun yang lalu


nurul-falah-lakukan-studi-banding-ke-pondok-pesantren-sidogiri

Direktur Eksekutif Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Dr. KH Umar Jaeni, M.Pd. dalam setiap kegiatan diklat ketilawatian selalu berpesan bahwa belajar itu sepanjang hayat. Dalam konteks pembelajaran Al-Qur’an, hal ini dimaknai sebagai semangat untuk belajar dan mengajarkan Al-Qur’an tidak boleh surut dan padam. 

Untuk itu, Nurul Falah selalu membangun spirit untuk meningkatkan profesionalitas, terutama dari sisi sumber daya manusia. Salah satu wujudnya adalah melakukan studi banding.  

Pada Rabu, 14 September 2022, Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah membawa semangat belajar itu melalui studi banding ke Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Kunjungan ini merupakan silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan sekaligus menimba ilmu dan pengalaman sehingga diharapkan dapat terwujud kerja sama positif, terutama terhadap kualitas pembelajaran Al-Qur’an. 

Ponpes Sidogiri yang terletak di Desa Kraton, Kabupaten Pasuruan, dikenal sebagai pesantren tertua di Jawa Timur, bahkan salah satu yang tertua di Indonesia karena telah berdiri pada tahun 1718.  

Tim Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah diterima oleh pengelola Pondok Pesantren Sidogiri. Dalam kesempatan tersebut, pihak Pondok Pesantren Sidogiri berkenan sharing tentang cara membaca kitab kuning dengan cepat dan mudah. Hal ini dilakukan dalam rangka mematangkan konsep Nurul Falah 2 Pandaan yang akan menyiapkan santri penghafal Al-Qur'an. ”Diharapkan para santri Nurul Falah 2 Pandaan ke depan bisa membaca kitab kuning dan bisa berbahasa Inggris aktif,” terang KH Umar Jaeni. (eko)