Enter your keyword

post

Program PETI EMAS Mengantarkan SDN 003 Loa Kulu Sebagai Sekolah Berprestasi di Tingkat Nasional

Program PETI EMAS Mengantarkan SDN 003 Loa Kulu Sebagai Sekolah Berprestasi di Tingkat Nasional

nurulfalah.org- PETI EMAS adalah singkatan dari Pendidikan Tilawati Ekstrakurikuler Membaca Al Qur’an bagi Siswa, Sekolah ini adalah satu dari sebelas SDN di Kukar yang telah menerapkan metode Tilawati sejak tahun 2017, SDN 003 Loa Kulu dikenal sebagai sekolah berprestasi dan menjadi kebanggaan masyarakat Loa kulu.
Berikut kata kepala sekolah SDN 003 Loa Kulu Ibu Suwarni,M.Pd tentang TILAWATI.

“Alhamdulillah dengan adanya metode tilawati diterapkan disekolah, sangat berimbas positif bagi sekolah, diantaranya :

  1. Calon peserta didik baru sudah antri di dalam daftar tunggu untuk masuk di 003 karena menurutnya di 003 enak, sekolahnya ada ngajinya. Meski tidak mengaji dirumah, anak-anak sudah dapat pembekalan di sekolah. Jadi setiap tahun kalo SD lain sibuk cari murid, alhamdulillah kami sampai menolak murid.
  2. Info dari orang tua, sejak belajar tilawati, anak-anaknya lebih nurut, dan kalo biasanya yg dinyanyikan lagu2 dangdutnya Sibad, sekarang lagu yang dinyanyikan lagu tilawati. dan sebagian anak-anak membetulkan bacaan orang tuanya, sehingga orang tuanya juga ikut belajar tilawati di ustadz yunus yang merupakan koordinator SDN 003 Loa Kulu sekaligus ketua KPA TEC Loa Kulu.
  3. Ada siswi kelas 3 (Theresia Juliani) beragama katholik, suka ngintip2 mendengarkan temannya belajar tilawati. Akhirnya memutuskan masuk Islam, Kami sempat khawatir dengan kemarahan orang tuanya karena anak ini tidak mau lagi ke gereja. Akhirnya kami panggil ibunya.
    Menurut informasi ibunya, bapaknya marah besar, dikira guru agamanya yang membujuk masuk Islam. Tapi anaknya menjelaskan bahwa gurunya tidak ada yang memaksa, dia pengin masuk Islam karena hatinya damai dengar temannya mengaji. Akhirnya ibunya bersepakat tidak mempermasalahkan keislaman anaknya dan tanggung jawab bila bapaknya anak ini marah. Theresia ini sekarang sudah di kelas 4.
  4. Saat Lomba Budaya Mutu tingkat Nasional, 003 juara 1 Kategori MBS, juri Kemendikbud mengapresiasi pembelajaran tilawati karena jarang2 sekolah umum yang komit terhadap keagamaan.
  5. Hafalan surah pendek anak-anak sebelum jam belajar, tajwidnya jadi lebih baik.
  6. Dengan Tilawati 16 Siswa SDN 003 Loa kulu memborong prestasi terbaik pada Lomba MTQ Kecamatan dan akan dilanjutkan ke tingkat kabupaten.
  7. di bulan Mei Tahun 2019 kepala sekolah membawa program PETI EMAS (Pendidikan Tilawati Ekstrakurikuler Membaca Al-Qur’an bagi Siswa) yang sudah di persentasikan di Dinas Pendidikan Kab. Kukar dan meraih juara 1 tingkat kabupaten, dan akan membawa prestasi ini ke tingkat Provinsi sampai Nasional. ( Imam Wahyudi TEC Kukar )

Leave a Reply

Your email address will not be published.