Enter your keyword

LAZIIZ NURUL FALAH

PENDAHULUAN

Mengingat masih rendahnya pola pengajaran Al-Qur’an dibandingkan dengan pendidikan ilmu-ilmu lain, sehingga tampak belajar Al-Qur’an menjadi kurang menarik bagi generasi muda Islam. Hal ini disebabkan juga perhatian masyarakat atau orang tua yang masih rendah terhadap pentingnya belajar Al-Qur’an. Sehingga belajar Al-Qur’an dinomor-duakan ilmu-ilmu dunia. Lantas bagaimanakan kualitas sumber daya manusia akan meningkat jika kondisi dibiarkan seperti ini terus berlangsung.

Berdasarkan pada persoalan tersebut, Yayasan Nurul Falah memfokuskan diri untuk membenahi persoalan tersebut, disertai keyakinan bahwa dengan meningkatkan kualitas kesadaran masyarakat akan pentingnya belajar Al-Qur’an, maka meningkatlah pula derajat dan harkat hidup umat Islam.

Untuk kelancaran program tersebut, pada tahun 2006 rintislah LAZIS Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah) Nurul Falah yang awalnya bertugas menghimpun Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf untuk mendukung Pengembangan Pembelajaran Al Quran & pembangunan Gedung Pesantren Al Quran Nurul Falah sekaligus sebagai basecame / sekretariat Yayasan. Segala ikhtiar dilakukan untuk menggali potensi dana umat dan menyalurkan kepada para mustahik yang membutuhkan.

Visi
Menjadi lembaga amil zakat nasional sebagai filantropi dakwah yang amanah dan profesional berbasis pengembangan program pendidikan Al-Qur’an.

Misi
1. Membangun masyarakat madani yang bebas buta huruf Al Qur’an secara nasional.
2. Meningkatkan kualitas pembelajaran dan penghidupan guru Al Qur’an.
3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan guru Al Qu’ran.
4. Mendorong sinergi program dan jaringan organisasi pendukung dakwah.
5. Mengembangkan zakat, infak, shadaqoh sebagai alternatif dalam pemerdayaan masyarakat dhuafa.

PROGRAM BERKAH LAZIS NURUL FALAH

PENDIDIKAN

  1. Peningkatan kualitas Guru Ngaji

Al-Qur’an adalah mu’jizat Nabi Muhammad untuk umat Islam, keberadaanya untuk menjaga kwalitas bacaan dan cara mengajarkannya kepada generasi muda penerus mutlak diperlukan. Disinilah kami mempelopori kegiatan diklat peningkatan kwalitas gura Al-Qur’an.

  1. Beasiswa santri tahfidz & yatim/dhuafa

Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah memberikan beasiswa kepada seluruh santri tahfidz. Untuk itu LAZIS Nurul Falah mengajak kepada dermawan untuk meluangkan sebagian rezeki untuk para santri yang semangat berjuang dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an.

Dan tidak semua anak beruntung terlahir dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang mapan sehingga tidak mendapatkan pendidikan yang layak. LAZIS Nurul Falah melalui program beasiswa santri tahfidz & Yatim/dhuafa mengetuk hati segenap doonatur untuk menbantu anak-anak agar tetap mendapatkan pendidikan yang layak meskipun dengan kondisi kekurangan.
https://tabungamal.id/campaign/beasiswa-santri-yatimdhuafa-semangat-mengaji-al-quran

  1. Wakaf mushaf & media belajar Al-Qur’an

Di pelosok / pedalaman media belajar Al-Qur’an sangat terbatas, karena jarak atau kondisi ekonomi, agar kegiatan belajar alquran tetap eksis kami memberikan bantuan berupa buku penunjang kegiatan belajar mengaji. Al-Qur’an dan media belajar Al-Qur’an dikirim ke pelosok dan pedalaman

  1. Insentif/Beasiswa Guru Ngaji

Bentuk kegiatan program ini adalah memberikan insentif bisa rutin dan atau kondisional berupa uang saku atau program pemberdayaan ekonomi. Sebagai bentuk apresisi terhadap kegigihan semangatnya dalam memperjuangkan syiar Al-Qur’an di pedalaman

  1. Wakaf pembangunan pesantren tahfidz

Untuk mewujudkan mimpi besar umat Islam akan hadirnya sosok generasi masa depan yang siap mengawal Al-Qur’an, Pesantren Al-Qur’an Nurul falah membangun pondok tahfifz, melalui program ini mnegajak masyakarat secara bersama mensukseskan pembangunan gedungnya.

  1. Kampung Qur’an

Kampung Qur’an merupakan program pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan melalui penguatan spiritual dan kualitas keagamaan warga setempat serta memperkuat basis ekonominya dengan mempertimbangkan kearifan budaya lokal. Program iniii ditunjang oleh beberapa kegiatan, yaitu TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) untuk anak-anak, BBAQ (Bimbingan Baca Al-Qur’an) untuk orang dewasa dan pembentukan komunitas islami. Saat ini, LAZIS Nurul Falah memiliki tiga kampung binaan kampung Qur’an yakni jember, malang dan keputih Surabaya

KEMANUSIAN

  1. Peduli Guru Ngaji Indonesia

Guru ngaji di Indonesia memerlukan bantuan sesama dan para aghniya’. Program ini diberikan kepada para guru ngaji yang membutuhkan seperti sakit yang memerlukan bantuan khusus.
https://tabungamal.id/campaign/kado-istimewa-untuk-pahlawan-sepanjang-masa

  1. Tabung Qurban

Tentunya setiap orang ingn melaksanakan ibadah qurban saat Idul Adha, namun harga ternak yang cukup tinggi membuat banyak orang berpikir ulang untuk berqurban. Jangankan untuk orang yang memiliki penghasilan yang pas-pasan, untuk orang yang mampu saja terkadang masih merasa berat. Tetapi, di LAZIS Nurul Falah terdapat program Tabung Qurban. Caranya dengan menabung setiap bulan yang insyaAllah akan memudahkan dan meringankan beban masyarakat dalam membeli hewan qurban secara langsung.

PEMBERDAYAAN

  1. GAMASYA (Gerakan Masyarakat Berdaya)

New normal membawa perubahan kondisi yang lebih baik dalam kondisi pandemi seperti ini. Situasi new normal juga telah membuka tempat kerja perkantoran, industri, tempat kerja sektor jasa dan perdagangan. Walaupun masih ada karyawan yang harus work form home (wfh). Transportasi umum pun juga sudah mulai diterapkan seperti semula dengan tetap mengikut protokol kesehatan.

Hal ini diberlakukan guna untuk mendukung perekonomian yang lagi anjlok, karena banyaknya hutang. Pendapatan negara juga bisa bertambah dengan adanya new normal ini. Ketika pertumbuhan dan pembangunan ekonomi meningkat, tidak hanya menghasilkan pengaruh baik untuk negara, tapi kita juga bisa rasakan manfaat positifnya. Namun pada kenyataannya, pengangguran masih meningkat. Para karyawan banyak terkena PHK. Dan para lulusan yang mash belum mendapatkan pekerjaan akibat pandemi ini.

Dari masalah tersebut, LAZIS Nurul Falah ingin menyalurkan dana ZISWAF untuk  mengembangkan SDM  yang memadai. Sehingga  mereka mendapatkan pendapatan lagi dan bisa percaya diri dalam memberikan nafkah kepada keluarga.
https://tabungamal.id/campaign/gerakan-masyarakat-berdaya-gamasya

  1. Santri Preneurship

Santri dituntut tak hanya pintar dalam mengaji saja namun juga harus dilatih untuk menjadi jiwa kewirausahaan. Di LAZIS Nurul Falah mempunyai program untuk santri yatim preneurship.

KESEHATAN

  1. Tanggap Bencana

Kita semua tidak akan pernah tahu kapan musibah dan bencana itu akan datang menimpa. Untuk itu apabila terjadi suatu bencana dan musibah di suatu daerah tertentu, LAZIS Nurul Falah bersama-sama masyarakat luas, menghimpun bantuan dan memiliki peran untuk berupaya melakukan aksi tanggap bencana membantu meningkatkan beban para guru Al-Qur’an penyintas bencana agar mereka segera bangkit dari keterpurukan tersebut .

https://tabungamal.id/campaign/aksi-peduli-bencana-indonesia

Rekening Donasi
BSM : 708 3429 121
BMI. : 701 0054518
BCA : 258 809 00 22
a.n Yayasan Nurul Falah
BNI : 074 9715247
a.n nurul falah

Mari beramal bersama kami, Kunjungi Website TabungAmal , Temukan Program Menarik, Beramal Sekarang, Berkah Kemudian

www.tabungamal.id  Telp. +62 822-8700-0040

Cabang Lazis Nurul Falah
Lazis Nurul Falah yang memiliki beberapa cabang diberbagai wilayah.

Cabang Gresik
Jl. KH. Kholil III RT 2 RW 3 Yosowilangun Manyar Gresik. 081331783978 lazisgresik.nf@gmail.com

Cabang Malang
Jl. Perum BTU Blok UJ 24 No. 45 Madyopuro Depan Kampus II UM Malang. 081331239581
 lazisnf.kotamalang@gmail.com

Cabang Bogor
Graha Tilawati Center, Jalan Villa Bogor Indah Blok A1 No.2, Ciparigi, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16157.081296221987. lazisbogor.nf@gmail.com

Cabang Bekasi
Perum Dukuh Zamrud, Jalan Dukuh Zamrud Utara 1 No. 125 Kota Legenda – Kota Bekasi
 081220033838 lazisnfbekasi@gmail.com

Cabang Bali
Jl. Gn. Cemara VI/36 Monang Maning Denpasar Bali.0813533146699 lazisbali.nf@gmail.com

Cabang Jember
Jl. Dr. Soetomo 29 Jember.08529216370 lazisnf.jember@gmail.com

Ada yang bisa kami bantu ?