Enter your keyword

post

Sakit Kepala Disebabkan Gigi Berlubang

Sakit Kepala Disebabkan Gigi Berlubang

Diasuh oleh: drg. Dwi Wahyu Indrawati, Sp. Perio, M.Kes.

Tanya:

Akhir-akhir ini, saya sering mengalami sakit kepala, kadang sampai pada taraf mual. Setelah saya cari informasi di internet, ada salah satu artikel kesehatan yang menyebutkan bahwa gigi (infeksi pada gigi berlubang) bisa menyebabkan sakit kepala karena aliran darah ke otak juga rawan terinfeksi.

Benarkah demikian? Mohon penjelasan serta tindakan apa yang harus saya lakukan selanjutnya? Terima kasih.

Anton – Solo

Jawab:

Nyeri kepala merupakan keluhan yang bisa sangat mengganggu bagi sebagian orang. Nyeri kepala ini bisa terjadi primer  atau karena gangguan pada struktur di kepala yang sensitif terhadap rangsang nyeri, atau sekunder, yakni akibat adanya penyakit lain.

Salah satu penyebab sekunder nyeri kepala adalah nyeri gigi. Gigi dikelilingi serabut syaraf yang berasal dari persyarafan sekitar kepala dan wajah. Serabut syaraf ini juga mempersyarafi bagian wajah dan kepala. Inilah yang menyebabkan nyeri gigi bisa menjalar sampai ke kepala.

Jika berbicara tentang infeksi, benar bahwa infeksi di gigi dan gusi bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh, termasuk kepala. Hal ini terjadi karena pada bagian dalam gigi terdapat pulpa, yang mengandung pembuluh darah. Karena itu, jika terjadi infeksi pada gigi yang berlubang cukup dalam hingga ke pulpa, infeksi bisa menyebar melalui pembuluh darah ini. Tidak hanya ke kepala, infeksi ini bisa juga menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk jantung, sendi, dan sebagainya.

Selain karena nyeri gigi, nyeri kepala disertai mual sebagaimana yang Anda rasakan mungkin juga terjadi karena penyebab lain. Misalnya, migrain, nyeri kepala tegang, dispepsia (peningkatan asam lambung), glaukoma (peningkatan tekanan intrakranial), hipertensi (tekanan darah tinggi), hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi), infeksi virus atau bakteri psikosomatis, dan sebagainya. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya.

Sebagai langkah awal, konsumsi obat pereda nyeri. Misalnya, paracetamol.

Biasakan makan teratur tiga kali sehari, hindari tidur larut malam, hindari stres, olahraga teratur, serta menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika ada gigi yang berlubang, segera periksakan ke dokter gigi. semoga penjelasan ini bisa memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.